Kamis, 09 Juli 2009

Lagu-lagu Terbaik Jacko Sepanjang Masa

Jacko akan dikenang sepanjang masa inilah lagu-lagu yang akan diperdengarkan sampai ke anak cucu kita, karena merupakan karya yang sangat luar biasa yang menghantarkan sang mega bintang menjadi superstar paling dikagumi oleh jutaan orang di seluruh dunia.
inilah playlist lagu-lagu Jacko :


1. I Want You Back
Lagu bercorak R&B ini bahkan tampak lebih keren dibawakan 40 tahun setelah pertamakali diluncurkan. Suara Michael saat masih berusia 17 tahun pada lagu ini sungguh ajaib. Inilah lagu yang nyaris mendekati sempurna.

2. Rock With You


Inilah lagu yang ikut mengawali kebesaran karir penyanyi pop masa kini Justin Timberlake. Apa yang menakjubkan dari lagu ini adalah nuansanya yang sangat menghanyutkan. Diiringi suara dominan gitar, Michael tampil lembut dan benar-benar menanggalkan keagresifannya.

3. Billie Jean


Michael dan produser Quincy Jones memenuhi lagu ini dengan sentuhan ganjil namun mempesona. Billie Jean adalah "masterpiece" dan salah satu yang tidak hilang keunikan dan energi tersembunyinya, tak peduli seberapa kali anda memutar atau mendengarnya.

4. Give In to Me


Michael Jackson kerapkali menciptakan karya terbaiknya saat disergap oleh kegalauan, salah satunya nomor aneh nan sinis mengenai cinta obsesif yang terdapat pada album "Dangerous" ini. Gitaris terkenal grup Guns N Roses, Slash, mengiringi salah satu nomor adi luhung ini.

5. Thriller


Lagu ini kerap disebut meletakkan dasar bagi revolusi video musik. Jackson dan Quincy Jones menyelimuti lirik lagu ini dengan latar video bernuansa robotik yang dibuka oleh bayangan iblis di kegelapan, lalu diakhiri oleh gerombolan mayat hidup yang mengelilingi mangsanya.

6. Human Nature


Ini adalah salah satu balada terlembut dan memilukan dari Michael. Cara bagaimana vokalnya mengalun mengikuti nada lagu sangat berkelas, rintihan berulang-ulangnya dalam bait "Why? Why?" sangat menyayat hati.

7. The Way You Make Me Feel


Semua bagian dari lagu empat setengah menit berkandungkan kebahagian sejati ini ditempatkan pada komposisi sempurna. Lagu ini menyiratkan ungkapan sepenuh hati Michael tentang cinta kasih.

8. Smooth Criminal


Kencang dan mengguncang, Michael mengubah karakter suaranya bagai senapan mesin dan mengurangi lirik dengan tampak bersimpati baik kepada agresor maupun yang diagresi, selain bernuansa horor.

9. Black or White


Michael mempunyai tendensi untuk bersikap terang atas hal yang lagi hangat diguncingkan orang, namun "Black or White" dengan cermat menyembunyikan komentar sosialnya dalam kidung cinta berisi pesan, gunakanlah hati untuk memupus sekat rasial.

10. In the Closet


Lagu Michael yang tidak masuk hit sama menakjubkannya dengan lagu-lagunya yang menerobos tangga lagu terpopuler. Pada lagu yang digubah tahun 1991 ini, dia seperti membayangkan seluruh musik pop pasca 80an. Suara Michael terdengar gagap sampai memasuki refren untuk kemudian terdengar bersih dan lentur kembali.

11. Scream

Di lagu ini Michael berduet dengan sang adik Janet Jackson dalam sebuah video musik paling mahal yang pernah dibuat. Dua Jackson bersaudara ini berhasil mematahkan kritik bahwa lagu pop tak bisa berlatar ganas seperti ada pada musik rock atau metal.

12. I Can't Help It


Michael berduet dengan Stevie Wonder menyanyikan balada yang mengalun di atas dominasi suara organ dan bass. Dia menyisihkan waktu banyak untuk lagu ini sehingga kelezatan musiknya tampak sederhana namun tetap memukau.

13. Leave Me Alone


Lagu ini adalah versi gelap dari lagu sebelumnya "The Way You Make Me Feel" dimana di dalamnya ada amarah, juga laku agresif dan frustasinya.

14. P.Y.T.


Di nomor bergenre R&B ini, Michael terlihat sungguh terkontrol, meletakkan lengking kuatnya di refrain sehingga membuat semuanya tampak serirama.

15. Beat It


Lagu yang amat akrab di telinga ini tak perlu dijelaskan lagi dan yang paling menarik adalah kesederhanaannya yang mengagumkan, berupa suara gitar dan serangan vokal Michael yang lebih dahsyat. Di lagu ini Michael berkolaborasi dengan gitaris Eddie Van Halen dari grup band Van Halen. "Beat It" adalah selebrasi kepercayaan diri yang berasal dari pemahaman bahwa tak perlu apa-apa untuk memberi bukti.


16. Wanna Be Startin' Somethin'


Refrainnya terdengar seperti konfrontasi, namun di dalamnya terkandung empati asli dirinya,"You're stuck in the middle, and the pain is thunder." Lagu ini dipercantik oleh betotan bas dari basis kondang James Lee Jamerson, dan backing vocal bernuansa gerejani.
Dengan banyaknya karya-karya maha laris maka tidak mengherankan jika Jacko di nobatkan sebagai maha bintang yang akan dikenang sepanjang zaman, dan tidak akan tertandingi oleh musisi manapun.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Yogyakarta City | Bloggerized by Arya Kawakibi - Bezafour Ganbatte | Arya, Rukmana